Model Penilaian Triangulasi untuk Proyek Capstone dalam Rekayasa Perangkat Lunak

Mengupas Tuntas Pengukuran Penilaian

Proyek capstone didefinisikan sebagai kegiatan kumulatif untuk menutup pengalaman dunia nyata kepada mahasiswa. Proyek capstone diperlukan untuk menunjukkan peluang di industri yang tidak tersedia dalam kurikulum. Ada beberapa tantangan dalam proyek capstone, seperti bagaimana memastikan bahwa proyek capstone memiliki kompleksitas yang cukup hanya dalam satu semester, cara mengukur kemanjuran proyek capstone, dan bagaimana menilai proyek capstone yang terkait dengan hasil mahasiswa .
Penilaian ini berfokus pada model penilaian proyek capstone. Pendekatan saat ini untuk mengukur kinerja mahasiswa dan kualitas proyek adalah melalui kerangka kerja terpadu yang berisi kriteria, indikator, rubrik, dan informasi statistik sumatif . Metode standar untuk menilai model proyek capstone menggunakan rubrik yang diisi oleh dosen , matriks berbasis rubrik dan hasil , penilaian tidak langsung melalui survei kepada mahasiswa dan dengan melihat ke buku catatan proyek capstone . Penelitian ini membahas bagaimana triangulasi antara rubrik, survei, dan buku catatan dapat menjadi alternatif untuk mengukur kualitas proyek capstone kapitasi secara objektif.

Ada beberapa alasan pembuatan penelitian

  1. Menurut dewan Akreditasi Internasional seperti IABEE dan ABET. Capstone Project adalah kegiatan wajib dalam Program Studi Teknik Proyek Capstone adalah aktivitas kumulatif untuk memecahkan masalah kompleks dengan menggunakan pendekatan desain rekayasa yang tepat
  2. Kegiatan proyek Capstone dilakukan oleh tim tetapi dinilai secara individual

Termasuk di dalamnya berupa masalah yang terjadi subjektivitas di proyek capstone :

  • Subjektivitas Penilaian antara peran
  • Subjektivitas Produk
  • Subjektivitas karakteristik dari proyek capstone

Mengapa memilih Software Engineer di Project Captone ?

Proyek capstone rekayasa perangkat lunak menyediakan miniatur beberapa kendala realistis dan beberapa solusi realistis yang ada dalam proyek capstone. Perangkat lunak harus dikembangkan dan dianggap sebagai solusi dari pelanggan dengan melalui fase desain, fase pengembangan, dan fase pengujian. Dalam proyek capstone rekayasa perangkat lunak, tantangannya adalah memastikan kompleksitas masalah, beberapa kendala solusi, dan kesulitan teknis dari solusi yang diusulkan. Dilihat dari alasan tersebut, penelitian ini memaparkan beberapa alasan mengapa memakai model perangkat lunak . Berikut ini Tabel I menunjukkan perbandingan antara capstone rekayasa perangkat lunak dengan capstone rekayasa umum.

Perbandingan antara capstone rekayasa perangkat lunak dengan capstone rekayasa umum.

Bagaimana Menemukan Solusi ?

Penelitian ini mengusulkan 3 solusi yang dilakukan yakni terdapat observasi, model penilaian experiment dan validasi menggunakan study kasus .

1. Observasi mahasiswa dalam project capstone

  • Pertama hal yang dilakukan dengan mengamati proyek capstone rekayasa perangkat lunak pada tahun akademik 2019/2020
  • Mengamati model eksekusi dalam proyek capstone dalam rekayasa perangkat lunak
  • Mengamati interaksi dalam proyek Capstone dalam rekayasa perangkat lunak

2. Model Penilaian

  • Bereksperiment dalam Transferable Integrated Design Engineering Education (TIDEE).
  • Menyelaraskan model penilaian dengan standar abet
  • Implementasi model penilaian tringulasi

3. Validasi menggunakan study kasus (deply study)

  • Melakukan evaluasi 113 proyek capstone
  • Melakukan studi dephi dengan lima keahlian di program studi
  • Mendapatkan lima karakteristik paling penting pada proyek capstone

Bagaimana mahasiswa dapat menyelesaikan proyek capstone?

Dalam penelitian diprogram studi, proyek capstone dapat dikirimkan kepada mahasiswa dengan dua cara:

  • Model Klasik
  • Model Umbrella

Model klasik memberdayakan proyek capstone sebagai tim klasik yang memiliki peran dan tanggung jawab sebagai satu tim. Model umbrella menjalankan proyek capstone sebagai tim independen dan pengorganisasian diri untuk mengusulkan solusi modular.Model klasik dimulai dengan masalah dari fasilitator. Panitia fasilitator dan capstone akan memilih mahasiswa dan membentuk kelompok capstone berdasarkan kompetensi mereka. Kelompok capstone akan memberikan solusi berdasarkan serangkaian milestones. Ada lima milestones dari C100-C500. Setiap milestone pencapaian akan memiliki hasilnya.
Model umbrella dimulai dengan masalah kompleks dari fasilitator. Mahasiswa akan menawar topik, dan fasilitator akan memilih mahasiswa. Fasilitator akan mengatur mahasiswa menjadi kelompok independen. Para mahasiswa akan memberikan solusi berdasarkan serangkaian milestones. Ada milestone dari C100-C500. Setiap milestone pencapaian akan memiliki hasilnya. Berikut ini tabel dari perbedaan model klasik dan model umbrella .

Perbedaan model klasik dan model umbrella

Bagaimana penilaian trigulasi terjadi di proyek capstone ?

Model klasik dan model umbrella akan menggunakan penilaian yang sama, yaitu penilaian triangulasi. Penilaian triangulasi terdiri dari tiga metode penilaian. Dua penilaian adalah penilaian langsung dan yang lainnya adalah penilaian tidak langsung. Penilaian langsung berasal dari rubrik hasil mahasiswa dan penilaian buku catatan capstone. Penilaian tidak langsung tersebut berasal dari survei yang didistribusikan kepada para mahasiswa. Metode penilaian triangulasi terinspirasi dari Transferable Integrated Design Engineering Education (TIDEE). TIDEE menyediakan metode untuk menilai pengembangan solusi dan pengembangan mahasiswa . Pengembangan solusi akan diukur dengan rubrik hasil mahasiswa dan buku catatan capstone, sementara pengembangan mahasiswa akan diukur dengan buku catatan capstone dan survei mahasiswa. Tabel menunjukkan instrumen penilaian proyek capstone.

Apa karakteristik proyek capstone yang baik ?

  • Melakukan rapat kolaborasi reguler untuk workshop untuk meningkatkan mahasiswa
  • Melakukan timeline reguler dan jadwal project capstone
  • Harus ada dukungan komite untuk mengelola dan mendukung kebijakan dan tata kelola proyek capstone
  • Harus ada sistem informasi untuk mendukung proses dan kemajuan proyek capstone.
  • Model rubrik penilaian untuk kosistensi dan evaluasi

Intisari Penelitian

  1. Ada tiga penilaian, yaitu rubrik hasil mahasiswa untuk mengukur kualitas produk, penilaian buku catatan untuk mengukur kualitas proses, dan survei mahasiswa, untuk mengukur penilaian diri mahasiswa.
  2. Menurut studi Delphi. Ada lima karakteristik penting yang dapat membantu model penilaian bekerja dengan baik yaitu :
    • pertemuan rutin
    • Jadwal hasil
    • Dukungan Comitte dan advisory
    • Sistem Informasi Pemantauan
    • Rubrik Penilaian

Editor

Octi Wulandari

Peneliti

Ridi Ferdiana

Tahun

2020

Tautan Publikasi

On review

Leave a comment

Your email address will not be published.