Dasbor Visualisasi Prestasi Mahasiswa DTETI Berbasis Data Tidak Terstruktur

Pentingnya Data

Pada zaman perkembangan digital saat ini hampir seluruh aspek dalam kehidupan manusia selalu berkaitan dengan data, baik data terstruktur maupun tidak terstruktur. Untuk data tidak terstruktur sendiri dibutuhkan pengolahan agar dapat menghasilkan informasi yang bernilai. Dengan meningkatnya kebutuhan informasi, maka diperlukan metode pengolahan data yang optimal untuk menghasilkan informasi bernilai. Melalui BI data mentah mampu diubah menjadi informasi bernilai dengan penyajian yang menarik melalui visualisasi data, sehingga mampu memudahkan proses analisis data guna mendukung pembuatan keputusan maupun strategi suatu organisasi.

Departemen Teknik Elektro Teknologi Informasi (DTETI) sebagai suatu institusi pendidikan juga memiliki berbagai jenis data sebagai pendukung guna mendukung peningkatan kualitas akademik. Sebagai contoh data prestasi mahasiswa, di mana data tersebut tergolong ke dalam jenis data tidak terstruktur. Data tersebut masih terpencar pada beberapa sumber, belum memiliki skema model, belum adanya kajian format standar akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan belum menerapkan visualisasi data untuk mendukung penyajian data.

Memperkenalkan Dasbor Visualisasi Prestasi Mahasiswa DTETI

Melalui penelitian ini data prestasi mahasiswa DTETI tidak terstruktur diolah dan dikaji dengan mengacu pada standar BAN-PT. Sehingga data yang tidak terstruktur akan memiliki struktur atau pola yang mudah dikenali dan memiliki model data. Kemudian untuk menghasilkan informasi yang lebih bernilai, data tersebut diolah dengan Business Intelligence untuk dikembangkan Dasbor Visualisasi Data Prestasi Mahasiswa DTETI melalui Power BI dan memanfaatkan formula Data Analysis Expressions (DAX) untuk mendukung analisis data.

Dasbor visualisasi tersebut terdiri dari dua halaman dasbor, yaitu Dasbor Visualisasi Kompetisi dan Dasbor Visualisasi Pertukaran. Dasbor visualisasi tersebut disertai dengan analisis deskriptif untuk mendukung kemampuan analisis data guna mempermudah pembuatan keputusan dan strategi untuk mendukung peningkatan capaian prestasi mahasiswa pada target organisasi.

Dasbor Visualisasi Prestasi Mahasiswa DTETI ini dilengkapi dengan konten-konten visualisasi seperti :

1.Halaman Kompetisi Mahasiswa

  • Jumlah skor capaian BAN-PT
  • Jumlah kejuaraan kompetisi
  • Jumlah mahasiswa berprestasi
  • Jumlah dosen pembimbing
  • Grafik capaian kompetisi, dapat dilihat secara bulanan dan tahunan
  • Rincian kejuaraan kompetisi
  • Kejuaraan kompetisi tiap capaian prestasi
  • Kejuaraan kompetisi tiap program studi
  • Kejuaraan kompetisi tiap tingkat
  • Kejuaraan kompetisi tiap mahasiswa
  • Kejuaraan mahasiswa tiap angkatan
  • Filter-filter untuk menyaring informasi yang ditampilkan, seperti berdasarkan tahun ajaran pengisian boring BAN-PT, periode tahun skor capaian BAN-PT, tahun capaian, tingkat, prestasi, angkatan, program studi, nama mahasiswa, dan nama kegiatan kompetisi

2. Halaman Pertukaran Mahasiswa

  • Jumlah program pertukaran
  • Jumlah mahasiswa berprestasi
  • Jumlah beasiswa pertukaran
  • Grafik capaian pertukaran, dapat dilihat secara bulanan dan tahunan
  • Rincian program pertukaran
  • Program pertukaran tiap lamanya program
  • Program pertukaran tiap angkatan
  • Program pertukaran tiap program studi
  • Program pertukaran tiap mahasiswa
  • Filter-filter untuk menyaring informasi yang ditampilkan, seperti berdasarkan tahun capaian, lamanya program, angkatan, program studi, nama mahasiswa, dan nama program pertukaran

 

Cara Dasbor Visualisasi Prestasi Mahasiswa DTETI Bekerja

Sebagai contoh seorang dosen akan mengetahui informasi terkait kejuaraan kompetisi yang dicapai oleh mahasiswa program studi Teknologi Informasi angkatan 2015 pada tahun 2018. Maka dosen perlu mengatur filter Program Studi menjadi TI atau Teknologi Informasi, filter Angkatan menjadi 2015, dan filter Tahun Capaian menjadi 2018.

Setelah itu dasbor visulisasi akan menampilkan analisis deskriptif dari seluruh informasi melalui grafik yang berkaitan dengan prestasi kejuaraan kompetisi pada tahun 2018 yang dicapai oleh mahasiswa Teknologi Informasi angkatan 2015.

Cara Kerja Dasbor Visualisasi Data Prestasi Mahasiswa DTETI

Sistem dasbor visualisasi ini dibangun dengan memanfaatkan Microsoft Excel, Microsoft Power Query, dan Microsoft Visual Basic for Application (VBA) untuk mengolah struktur informasi datatidak terstruktur  yang telah dikumpulkan agar sesuai dengan standar akreditasi BAN-PT. Data tersebut disimpan di Microsoft Sharepoint Online. Selanjutnya Power BI diintegrasikan dengan penyimpanan Microsoft Sharepoint Online melalui tautan URL yang disematkan di query Power BI. Integrasi tersebut memudahkan langkah selanjutnya yaitu agregasi data dan membuat dasbor visualisasi dinamis, di mana informasi yang ditampilkan di dasbor visualisasi akan secara otomatis diperbarui ketika data pada Sharepoint Online diperbarui. Berikut merupakan arsitektur sistem Dasbor Visualisasi Data Prestasi Mahasiswa DTETI.

Masa Depan Dasbor Visualisasi Data Prestasi Mahasiswa DTETI

Hasil pengembangan sistem ini tidaklah akan berhenti pada tahap ini, karena masih terdapat kekurangan dari sistem ini yang perlu disempuranakan. Berikut merupakan tantangan yang perlu dikembangkan secara lebih lanjut :

  1. Dasbor visualisasi ada baiknya mampu menyimpan data dengan ukuran yang lebih besar, karena tidak dapat dipungkiri adanya pertambahan data baru untuk setiap tahunnya di masa mendatang.
  2. Dasbor visualisasi perlu memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi secara lebih cepat.
  3. Dasbor visualisasi ada baiknya mampu mengurangi tingkat kegagalan saat melakukan pembaruan data secara otomatis.
  4. Dasbor visualisasi perlu memiliki kemampuan untuk memberikan analisis prediktif ataupun preskriptif untuk mengoptimalkan proses pengambilan keputusan maupun penyusunan strategi suatu organisasi.
  5. Tampilan konten dasbor visualisasi ada baiknya diatur kembali dengan lebih mementingkan aspek User Experience (UX).