Perancangan Sistem Evaluasi Diri Tracer Study dan Survei Alumni Berbasis Business Intelligence

Awal Permulaan

Saat ini keberhasilan lulusan di dunia kerja menjadi tolak ukur kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi. Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) sebagai salah satu jurusan di UGM, mengharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan mampu bersaing di dunia kerja. Untuk mengukur capaian tersebut, DTETI UGM mengembangkan sistem survei evaluasi diri berbasis website berupa tracer study dan survei alumni. Namun, sistem evaluasi diri yang ada saat ini masih berjalan secara individu dan belum teragregasi. Pada survei tracer study sudah memiliki sistem dasbor berbasis website yang menghasilkan grafik secara instan, namun sistem tersebut belum fleksibel terhadap perubahan konten pertanyaan dan hanya bisa menampilkan data pada tahun ajaran yang sedang aktif. Sedangkan pada survei alumni, informasinya sudah disajikan dalam tabular yang dikelompokkan berdasarkan per tahun ajaran. Dengan perbedaan kondisi tersebut, dirasa kurang efektif mengingat kedua sistem memiliki tujuan yang sama untuk mengevaluasi kurikulum di DTETI. Kemudian faktor meningkatnya jumlah data akibat bertambahnya jumlah lulusan mahasiswa setiap tahun juga mempengaruhi kesulitan dalam proses evaluasi survei. Selain hal tersebut, perlu juga adanya perbaikan pada struktur informasi survei agar sesuai dengan standar akreditasi diacu yaitu, BAN PT. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem penyajian visualisasi data yang mampu mengagregasi segala informasi hasil survei dalam bentuk dasbor.

Sistem Dasbor Evaluasi Diri

Penelitian ini mengembangkan sebuah dasbor evaluasi diri berbasis Business Intelligence (BI). Pendekatan teknologi BI dipilih agar sistem evaluasi tidak hanya bersifat informasional tetapi juga decisional. Secara keseluruhan, penyajian data dalam bentuk dasbor ini digunakan untuk memudahkan tim akreditasi DTETI UGM dalam melakukan evaluasi pengembangan kualitas lulusan dan kurikulum. Pada dasbor evaluasi diri terdiri dari dua dasbor utama yaitu, Dasbor Tracer Study dan Dasbor Alumni.

Hal-hal yang bisa didapat dari dasbor antara lain sebagai berikut:

  • Menganalisis Student Outcome dan Program Educational Objective DTETI UGM dari sudut pandang alumni.
  • Melihat capaian kualitas program studi di DTETI UGM
  • Menganalisis capaian alumni ketika sudah bekerja
  • Melihat persebaran daerah asal lulusan

Dasbor Alumni berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat mengukur Student Outcome (SO) dan Program Educational Objective (PEO) di DTETI UGM serta kualitas dari masing-masing Program Studi. Informasi yang ditampilkan akan berguna untuk membantu penilaian ABET dan IABEE per program studi. Hasil default ketika Dasbor Alumni dibuka pertama kali akan menampilkan informasi grafik dari semua program studi dan tahun ajaran. Fitur filter program studi dan tahun ajaran pada halaman ini berfungsi untuk menampilkan informasi grafik secara rinci. Kemudian, pada setiap grafik PEO dan SO di Dasbor Alumni terdapat tombol “detail report” yang mengarahkan pengguna pada halaman rincian perhitungan dari grafik yang dipilih.

Selanjutnya pada Dasbor Tracer Study berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat mengukur kualitas lulusan dan pelayanan di DTETI UGM. Informasi pada dasbor ini dapat membantu pihak DTETI dalam mengisi borang akreditasi BAN. Pada penyajian Dasbor Tracer Study dibagi menjadi tiga kategori halaman yang dikelompokkan ke dalam kategori umum, pekerjaan, dan daerah asal lulusan. Berikut adalah tampilan dari masing-masing halaman kategori.

  1. Halaman Katagori Umum

    2. Halaman Katagori Pekerjaan

3. Halaman Katagori Daerah Asal Lulusan

Proses Pembuatan Dasbor

Sistem dasbor dirancang agar dapat menyampaikan informasi hasil survei alumni dan tracer study secara jelas dan tervalidasi. Tahap awal yang perlu dilakukan pada pengembangan sistem ini adalah dengan memperbaiki struktur pertanyaan dari survei alumni dan tracer study. Struktur pertanyaan pada form survei tracer study dan survei alumni harus disesuaikan atau mengacu pada standar nasional maupun internasional yang sudah tervalidasi seperti BAN IAPS 4.0, ABET 2019/2020, dan IABEE. Hal tersebut dilakukan agar informasi yang diterima oleh tim akreditasi DTETI UGM dapat terverifikasi dan digunakan secara maksimal sebagai tolak ukur akreditasi program studi.

Data-data dari survei akan dikumpulkan (extract) dan dibersihkan melalui proses transformasi untuk dimuat (load) ke SharePoint sebagai pusat penyimpanan data. Selanjutnya, data yang sudah ada di Sharepoint dapat dikoneksikan secara langsung baik di Power BI Desktop maupun Power BI Service dengan melakukan proses refresh data. Di Power BI Service, proses refresh data dapat diatur secara otomatis sesuai dengan kebutuhan DTETI UGM. Untuk pengembangan awal visualisasi dasbor, Power BI Desktop menjadi tools yang dapat membantu proses analitik data dan visualisasi data. Kemudian hasil pengembangan di Power BI Desktop dapat dipublikasikan ke Power BI Service agar sistem dapat berjalan secara online dan dikonsumsi oleh tim akreditasi DTETI UGM.

Saran Pengembangan Sistem Dasbor

Dalam pengembangan sistem dasbor ini masih memiliki beberapa kekurangan yang bisa dikembangkan pada penelitian selanjutnya. Berikut adalah beberapa saran dan solusi yang bisa dilanjutkan dari penelitian ini.

  • Apabila dasbor akan di embedded ke website perlu membuat sistem credential berupa halaman login dasbor untuk membatasi hak akses dari pihak yang tidak berwenang.
  • Mengembangkan tampilan antarmuka dasbor yang responsive terhadap berbagai jenis device.
  • Menambahkan script geocoding menggunakan API maps pada saat menampilkan peta lokasi agar lebih akurat.