Adopsi MOOC untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Rekayasa dalam Proyek Capstone

Sebuah Perkenalan dalam Meningkatkan Ketrampilan

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan Teknik adalah dengan menerapkan Outcome-based Education(OBE). OBE menekankan bagaimana setiap proses pendidikan menghasilkan hasil yang dapat membantu siswa mencapai kompetensi yang tercantum dalam hasil siswa . Dalam pendidikan teknik, salah satu aspek yang menjadi kompetensi mahasiswa Teknik adalah kemampuan melakukan Engineering Design. Salah satu cara untuk mencapai kemampuan ini adalah dengan menerapkan Capstone Project dalam pengiriman pembelajaran. Proyek capstone ini menyediakan proyek multifaset yang berfungsi sebagai pengalaman akademik dan intelektual yang memuncak bagi mahasiswa. Namun, pembatasan jam kredit dan keunikan setiap program studi mengimplementasikan tantangan Capstone Project. Penelitian ini melihat peluang MOOC (Massive Open Online Course) untuk mempercepat keterampilan desain teknik dengan mengimplementasikan proyek capstone dalam blended learning delivery atau sebagai bahan pengayaan. Hasilnya, ditunjukkan bahwa model xMOOC dapat diterapkan untuk memperkaya keterampilan desain rekayasa.

Masalah yang dihadapi dalam menyusun project ini ?

  • Proyek capstone membutuhkan berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk memecahkan masalah yang kompleks
  • Proyek capstone yang dirancang untuk memberikan pengalaman teknik yang memuncak. Oleh karena itu, ada kesenjangan antara satu siswa dengan yang lain
  • Keterampilan dan pengetahuan tidak dapat dipenuhi di kelas tradisional karena keterbatasan waktu, sumber daya, dan keragaman

Solusi dalam proyek ini menggunakan MOOC, untuk mengisi kesenjangan keterampilan dan pengetahuan dalam Proyek Capstone dengan mendapatkan beberapa alasan yang diberikan MOOC yaitu :

  • Memfasilitasi kesetaraan kredit dari kursus MOOC ke program universitas atau menjalankan program studi virtual
  • Menyediakan kerangka kerja konseptual bagi orang dewasa untuk meningkatkan kebutuhan belajar yang diarahkan sendiri.
  • Menyediakan alat tambahan untuk strategi pembelajaran campuran.
  • Memfasilitasi keragaman melalui prinsip desain instruksional dalam membalik ruang kelas

Metode dalam Penelitian

Metode penelitian mengikuti metode penelitian kualitatif dalam sistem informasi. Tujuan metode penelitian kualitatif adalah untuk menafsirkan penggunaan MOOC, untuk proyek capstone dengan mengidentifikasi pola penggunaan MOOC. kemudian mengusulkan model adopsi MOOC untuk siswa. Desain penelitian akan mengikuti penelitian teori penelitian. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang harus diikuti yaitu :

  1. Mengumpulkan data kualitatif yang terkait dengan fenomena proyek capstone di MOOC
  2. Mengusulkan desain MOOC untuk mendukung keterampilan desain rekayasa pada capstone project
  3. Mengevaluasi desain MOOC melalui studi kasus implementasi

Data dianalisis dengan menggunakan analisis struktur deskriptif kualitatif hasil dari langkah ini adalah desain MOOC untuk keterampilan desain rekayasa. Hasil desain dievaluasi melalui studi kasus untuk memahami interaksi siswa dengan MOOC untuk mendukung capstone projek yang dikembangkan.

Pengaruh Ketrampilan Capstone

Hasil yang di dapat dalam bagian ini terdiri dari tiga bagian yaitu hasil data kualitatif, hasil implementasi MOOC dan model design MOOC

A. Hasil Data Kualitatif

Seperti yang ditunjukkan dalam Gambar grafik 1. analisis, desain, dan evaluasi MOOC adalah yang paling banyak dibahas di area MOOC. Selain itu, ditunjukkan bahwa MOOC saat ini dapat berlaku untuk proyek capstone adalah xMOOC. xMOOC didasarkan pada struktur ruang kelas tradisional. xMOOC terdiri dari kuliah video, diskusi, dan penilaian yang direkam sebelumnya. Tujuan xMOOC adalah transmisi pengetahuan. Berdasarkan hasil data kualitatif, penelitian akan mengadopsi xMOOC dan fokus pada analisis, desain, dan evaluasi, seperti yang ditunjukkan pada Gambar grafik 2.

Gambar grafik 1. Qualitative Data about MOOC Research
Gambar grafik 2. Model Design of MOOC

B. Desain XMOOC

XMOOC dirancang dengan mengikuti panduan untuk merencanakan proyek MOOC. Perencanaan MOOC terdiri dari tiga tahap utama yaitu tahap inisiasi MOOC, tahap perencanaan dan menjalankan proyek MOOC.

  1. Tahap Inisiasi

Dengan meninjau landscape MOOC, memilih untuk menggunakan platform yang ada atau membangun lingkungan MOOC mereka sendiri berdasarkan beberapa pertimbangan. beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan yaitu :

  • Siapa yang akan memiliki data? Jika data dimiliki oleh organisasi, MOOC yang dimiliki biasanya lebih disukai.
  • Siapa yang akan membuat konten dan akses? Jika konten dibuat oleh sumber daya organisasi yang diterapkan, MOOC yang dimiliki lebih disukai.
  • Siapa yang akan mengelola infrastruktur dan sistem? Jika organisasi dapat mencapai sumber daya untuk mengelola infrastruktur, menggunakan platform MOOC yang ada lebih disukai.
  • Siapa yang akan mengontrol penilaian dan kualitas konten? Jika penilaian dan evaluasi didefinisikan oleh pihak ketiga untuk mempertahankan objektivitas, menggunakan platform MOOC yang ada lebih disukai.

Berdasarkan situasi yang ada, tahap inisiasi muncul dengan pengembangan MOOC yang dimiliki sejak strategi organisasi dengan cara memperbaiki organisasi internal.

2. Tahap Perencanaan

Membahas perencanaan pembangunan untuk MOOC. MOOC dirancang untuk meningkatkan keterampilan desain rekayasa untuk capstone proyek. Oleh karena itu, ia harus memenuhi konten desain rekayasa. Terdapat beberapa tahapan :

  • Membahas perencanaan pengembangan mooc setelah desain teknik (mengidentifikasi, penelitian, menganalisis, solusi, prototipe, menguji dan meningkatkan evaluasi)
  • Berdasarkan langkah-langkah desain teknik, artikel ini mengusulkan xMOOC mengikuti model pembelajaran berbasis proyek.
  • Terdapat empat topik utama yang akan disampaikan dengan materi pembelajaran, video, dan referensi tambahan.

Penelitian ini mengusulkan desain rekayasa untuk sistem informasi karena output proyek capstone adalah proyek sistem informasi. Prinsip desain rekayasa dicampur ke dalam metode rekayasa perangkat lunak untuk membuat sistem informasi. Kursus ini dirancang menjadi empat topik utama yaitu desain rekayasa dalam sistem informasi, pengembangan sistem informasi, penyebaran dan pengoperasian sistem informasi, dan penyelenggaraan, pembaruan, dan pemeliharaan sistem informasi. MOOC dapat diakses di https://elok.ugm.ac.id/ dengan judul Engineering Design on Information System.

Case study MOOC Landing Pages
MOOC Topics example
Videos examples

3. Tahapan Berjalan

Dalam hal ini, MOOC dirancang sebagai bagian dari capstone project. Kursus capstone akan memiliki hasil pembelajaran khusus. Oleh karena itu, hasil pembelajaran kursus akan diukur melalui beberapa penilaian.

  • Siswa dapat merancang solusi teknik, mengingat beberapa kendala. (CLO1)
  • Siswa dapat memahami dampak desain mereka terhadap masyarakat dan lingkungan (CLO2)
  • Siswa dapat menyampaikan presentasi lisan teknis dan menjawab pertanyaan secara efektif (CLO3)
  • Siswa dapat menggunakan cara etis yang baik untuk menjawab pertanyaan (CLO4)
  • Siswa dapat menunjukkan bahwa mereka selalu menindak lanjuti informasi terbaru sehubungan dengan area tesis mereka (CLO5)
Tabel 1. Assessment Plan

Ada lima hasil belajardan itu akan dinilai melalui penilaian. Penilaian ditampilkan dalam Tabel I. Tabel I menunjukkan rencana penilaian, dan SO yang diukur. Penilaian dilakukan melalui pembelajaran berbasis proyek. Siswa akan membuat sistem informasi di platform web. Misalnya, siswa harus menemukan dan mengidentifikasi masalah berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat

C. Evaluasi Implementasi MOOC

Dalam rangka memahami dampak pembelajaran dari implementasi MOOC, evaluasi pelaksanaan direncanakan melalui studi kasus. Desain studi kasus akan mengetahui manfaat MOOC dengan melihat beberapa wawasan dan menghasilkan pelajaran yang dipelajari berdasarkan implementasi. Data kualitatif utama akan digunakan dalam dua studi kasus yang merupakan studi kasus A dan studi kasus B.

  • Kasus A

Studi kasus A menggunakan MOOC sebagai bahan pengayaan. Ini akan diikuti oleh 78 siswa. Para mahasiswa berada di tahun ketiga di universitas nasional. Kursus ini adalah pengembangan aplikasi web dengan tiga kredit. Latar belakang pendidikan siswa adalah pendidikan tinggi dengan berbagai latar belakang sosial.

  • Kasus B

Studi kasus B menggunakan MOOC sebagai blended learning. Ini akan diikuti oleh 36 siswa. Para mahasiswa berada di tahun ketiga di universitas nasional. Web kursus adalah pengembangan sistem informasi dengan dua kredit. Latar belakang pendidikan siswa adalah pendidikan tinggi dengan berbagai latar belakang sosial.

Tujuan studi kasus adalah untuk mengevaluasi efektivitas MOOC bagi siswa. Studi kasus A menggunakan MOOC berdasarkan pembelajaran mandiri. Sebagai perbandingan, studi kasus B menggunakan MOOC berdasarkan peraturan kelas. Kedua kasus studi memiliki penilaian untuk mengevaluasi hasil belajar dalam desain teknik. Kedua studi kasus dilakukan dalam setengah semester. Untuk memastikan siswa memiliki kemampuan yang sama, kedua mata kuliah dilakukan pada tingkat yang sama semester. MOOC akan diukur secara empiris berdasarkan analitik pembelajaran yang diperoleh di Moodle seperti aktivitas pembelajaran dan hasil penilaian. Hasilnya dianalisis untuk memberikan wawasan untuk peningkatan berkelanjutan untuk desain iterasi berikutnya.

  • Desain dengan pembelajaran mandiri

Berdasarkan studi kasus, ditunjukkan bahwa implementasi materi pengayaan memberikan pembelajaran mandiri di seluruh slot pembelajaran.

  • Kuis merupakan konten yang paling banyak diakses di MOOC

Kuis adalah konten yang paling banyak diakses di MOOC. Kedua studi kasus menunjukkan bahwa kuis adalah konten yang paling banyak dikunjungi setelah file dan halaman. ditunjukan pada grafik Learning Object Access menunjukkan bahwa beberapa siswa belajar dengan mengambil kuis secara langsung daripada mempelajari konten.

  •  Konten Praktis dan Teoritis

Konten praktis lebih mudah dimengerti daripada konten teoritis. Studi kasus telah menunjukkan pola hasil penilaian konten praktis lebih tinggi daripada konten teoritis. Grafik Practical Assessment dan Grafik Conceptual Assessment menunjukkan bahwa untuk empat kuis, hasil dari hasil praktis yang diberikan lebih baik daripada konten teoritis. Kelulusan siswa yang menikmati MOOC sebagai bagian dari pembelajaran mandiri untuk mendapatkan pengetahuan dengan memahami topik daripada menghafal konten topik.

 

MOOC Access Session
Grafik Learning Object Access
Grafik Practical Assessment
Grafik Conceptual Assessment

Ikhtisar Hasil

  • xMOOC adalah jenis MOOC yang tepat untuk memfasilitasi keterampilan desain rekayasa dalam proyek capstone.
  • Mempertimbangkan kontrol data dan analitik pembelajaran, MOOC dikembangkan di pusat data lokal.
  • Berdasarkan pengamatan, MOOC dapat diterapkan dalam dua pilihan sebagai bahan pengayaan (case Study A) dan blended learning (studi kasus B).
  • Berdasarkan studi kasus, siswa mengakses MOOC pada sore, malam dan di pagi hari. Studi kasus B jarang mengakses MOOC karena sudah dibahas di kelas.
  • Berdasarkan studi kasus, objek pembelajaran yang paling banyak diakses adalah penilaian, file, dan halaman. Beberapa siswa langsung pergi ke kuis sebelum belajar.
  • Berdasarkan studi kasus, kedua model dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan desain teknik. Penilaian praktis (Skill) lebih tinggi dari penilaian teoritis (Knowledge).

Editor

Octi Wulandari

Peneliti

Ridi Ferdiana

Tahun

2020

Tautan Publikasi

On review

Leave a comment

Your email address will not be published.